Metode Optimisasi (FAY65054)
Gusti Arviana Rahman, S.Si.,M.Si. 0025128906Mukhsar Mukhsar

Metode Optimisasi (FAY65054)

Description: UNHALU EKSLUSIF.png

Universiitas Halu Oleo

Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam

Program Studi : Statistika

 

Kode Dokumen

001

RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER

MATA KULIAH (MK)

KODE

Rumpun MK

BOBOT (sks)

SEMESTER

Tgl Penyusunan

                 Metode Optimisasi

 STA65039

Mata Kuliah Pilihan

 

Teori = 3

Praktek = 0

5

2022

OTORISASI/PENGESAHAN

Pengembang RPS

Koordinator RMK

Ketua Program Studi

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Dr. Mukhsar S.Si., M.Si.

 

 

 

Dr. Ruslan S.Si., M.Si.

 

 

Capaian Pembelajaran (CP)

CPL-PRODI  yang dibebankan pada MK      

 

CPL1 (S)

Bertakwa kepada Tuhan YME dan mampu menunjukkan sikap religius

 

CPL2 (S6)

Bekerjasama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulianterhadap masyarakat dan lingkungan

 

CPL2 (S9)

Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan dibidang keahliannya secara mandiri

 

Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)

 

CPMK 1

Mahasiswa Mampumenjelaskan Elemen-elemen kalkulussebagai penunjangkonsep optimasi

 

CPMK 2

Mahasiswa Mampumenjelaskan konsepdasaroptimasi dansyarat-syarat untukLocal Optimazers

 

CPMK 3

Mahasiswa Mampumenjelaskan danmenerapkan metodeGolden sectionsearch,

fibonaccisearchuntukmenyelesaikan masalahoptimasitak berkendala

 

CPMK 4

Mahasiswa Mampu menjelaskan da nmenerapkan metodeNewton, metodeSecantuntuk menyelesaikan masalahoptimasitak berkendala

 

CPMK 5

Mahasiswa Mampumenjelaskan konsepmetode Gradiendanmampu menerapkannyauntuk menentukannilai ekstrimfungsi nonlinear                                                                                                                                      

 

CPMK 6

Mahasiswa Mampumenjelaskan konsepmetode Gradiendanmampu menerapkannyauntuk menentukannilai ekstrimfungsi nonlinear

 

CPMK 7

Mahasiswa Mampu menerapkan metode Newton untuk menyelesaikan masalahnonlinear

 

CPMK 8

Mahasiswa Mampu menjelaskan metodeConjugate Direction

 

CPMK 9

Mahasiswa Mampu menjelaskan danmenerapkan algoritmaConjugate Gradientuntuk masalahnonkuadratis

 

CPMK 10

Mahasiswa Mampu Menjelaskan danmenerapkan Metode Quasi- Newton

 

CPMK 11

Mahasiswa Mampu meyelesaikan sistempersamaan linear

 

CPMK 12

Mahasiswa Mampu menecari penyelesaian sistem persamaan linear dengan meminimalkan norm vektor variabel

 

CPMK 13

Mahasiswa Mampu menerapkan metode Least Square untukpenyelesaian sistempersamaan linearumum

 

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-CPMK)

 

Sub-CPMK1

Mampu menguraikan Elemen-elemen kalkulus sebagai penunjang konsep optimasi

 

Sub-CPMK2

Mampu menguraikan konsep dasar optimasi dan syarat-syarat untuk Local Optimazers

 

Sub-CPMK3

Mampu menjguraikan dan menerapkan metode Golden section search, fibonacci search, Newton, Secant untuk menyelesaikan masalah optimasi tak berkendala

 

Sub-CPMK4

Mampu menguraikan konsep metode Gradien dan mampu menerapkannya untuk menentukan nilai ekstrim fungsi nonlinear

 

Sub-CPMK5

Mampu menguraikan konsep metode Gradien dan mampu menerapkannya untuk menentukan nilai ekstrim fungsi nonlinear

 

Sub-CPMK6

Mampu menerapkan metode Newton untuk menyelesaikan masalah nonlinear

 

Sub-CPMK7

Mampu menguraikan metode Conjugate Direction

 

Sub-CPMK8

Mampu menguraikan dan menerapkan algoritma Conjugate Gradien tuntuk masalah non kuadratis

 

Sub-CPMK9

Mampu menguraikan dan menerapkan Metode Quasi- Newton

 

Sub-CPMK10

Mampu menguraikan dan menerapkan Metode Quasi- Newton

 

Sub-CPMK11

Mampu meyelesaikan sistem persamaan linear

 

Sub-CPMK12

Mampu mencari penyelesaian sistem persamaan linear dengan meminimalkan norm vektor variabel

 

Sub-CPMK13

Mampu menerapkan metode Least Square untuk penyelesaian sistem persamaan linear umum

 

Korelasi CPL terhadap Sub-CPMK

 

 

 

Sub-CPMK1

Sub-CPMK2

Sub-CPMK3

Sub-CPMK4

Sub-CPMK

5

Sub-CPMK6

Sub-CPMK

7

Sub-CPMK8

Sub-CPMK

9

Sub-CPMK

10

Sub-CPMK11

Sub-CPMK

12

Sub-CPMK

13

 

 

CPMK1

ü

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

CPMK2

 

ü

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

CPMK3

 

 

ü

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

CPMK4

 

 

 

ü

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

CPMK5

 

 

 

 

ü

 

 

 

 

 

 

 

 

 

CPMK6

 

 

 

 

 

ü

 

 

 

 

 

 

 

 

CPMK7

 

 

 

 

 

 

ü

 

 

 

 

 

 

 

CPMK8

 

 

 

 

 

 

 

ü

 

 

 

 

 

 

CPMK9

 

 

 

 

 

 

 

 

ü

 

 

 

 

 

CPMK10

 

 

 

 

 

 

 

 

 

ü

 

 

 

 

CPMK11

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

ü

 

 

 

CPMK12

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

ü

 

 

CPMK13

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

ü

Deskripsi Singkat MK

Mata   kuliah ini merupakan  mata  kuliah yang membahas tentang  metode pencarian  satu  atau  lebih penyelesaian layakyangberhubungandengan nilai-nilaiekstrimdarisatuatau lebihnilaiobjektifpadasuatu masalah sampai tidakterdapatsuatu nilaiekstrimyangditemukan. Metode optimasi  yang dibahas meliputi metodeoptimasitakberkendala maupun  optimasiberkendala. Cakupanmaterikuliahmeliputi:Konsepdasar himpunan  berkendala  dan optimasi   tak berkendala;  Metode  pencarian  dimensi satu; Metode  gradien; Conjugate gradient   methods;  Metode  Quasi-Newton dan Penyelesaian sistem persamaan linear dengan metodeleastsquare/recursiveleastsquare.

Bahan Kajian: Materi Pembelajaran

1

Konsepdasar optimasi berkendaladantak berkendala

 

2

Metode pencarian dimensisatuMetode pencarian dimensisatu

 

3

Metode Gradien

 

4

Metode Newton untuk nonlinear leastsquare

 

5

Metode Quasi- Newton

Pustaka

Utama :

 

1

Chong,E.K.P.&Zak,S.W.2001.AnIntroductiontoOptimization,2ndEdition.JohnWileyandSons,New York

Dosen Pengampu

Dr. Mukhsar, S.Si., M.Si.

Matakuliah syarat

 


Mginggu

Ke-

Kemampuan akhir

tiap tahapan belajar

(Sub-CPMK)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran, Metode Pembelajaran,  Penugasan Mahasiswa,

[ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot

Penilaian

(%)

Indikator

Kriteria & Teknik

Luring (offline)

Daring (online)

 

 

 

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

 

1

Mampu menguraikan Elemen-elemen kalkulus sebagai penunjang konsep optimasi

·    Ketepatan menguraikan Elemen-elemen kalkulus sebagai penunjang konsep optimasi

Bentuk/Teknik: tes & non-tes

·   Partisipasi

·   Kuis

·   Penugasan

 

Kriteria Partisipasi

Kehadiran, Keaktifan

Ketepatan

 

Kriteria Kuis

Memberikan beberapa soal

Kriteria Penugasan

BP: Kuliah

TM :  3 x 50’

MP: Ceramah dan Diskusi

BM: 3 x 60’

Membaca materi Elemen-elemen kalkulus sebagai penunjang konsep optimasi

 PT: 3 x 60’

 

 

1.    Barisandan Limits

2.    Derivative Matrix

3.    Aturan Differensiasi

4.    Gradien

5.    DeretTaylor [ 1]

5

 

2

Mampu menguraikan konsep dasar optimasi dan syarat-syarat untuk Local Optimazers

·   Ketepatan menguraikan konsep dasar optimasi dan syarat-syarat untuk Local Optimazers

 

Bentuk/Teknik: tes & non-tes

·   Partisipasi

·   Kuis

·   Penugasan

 

Kriteria Partisipasi

Kehadiran, Keaktifan

Ketepatan

 

Kriteria Kuis

 

Memberikan beberapa soal

Kriteria Tugas

BP: Kuliah

 TM :  3 x 50’

MP: Ceramah dan Diskusi

BM: 3 x 60’

Membaca materi tentang konsep dasar optimasi dan syarat-syarat untuk Local Optimazers

PT: 3 x 60’

 

 

Konsep dasar optimasi berkendala dan tak berkendala [ 1]

7

 

  3,4

Mampu menjguraikan dan menerapkan metode Golden section search, fibonacci search, Newton, Secant untuk menyelesaikan masalah optimasi tak berkendala

 

·   Ketepatan menjguraikan dan menerapkan metode Golden section search, fibonacci search, Newton, Secant untuk menyelesaikan masalah optimasi tak berkendala

 

Bentuk/Teknik: tes & non-tes

·   Partisipasi

·   Laporan

·   Persentasi

 

Kriteria Partisipasi

Kehadiran, Keaktifan

Ketepatan

 

Kriteria Laporan

 

Kriteria persentasi

 

BP: Kuliah

 TM :  2 x 3 x 50’

MP: Problem Base Learning

BM: 2 x 3 x 60’

Latihan menerapkan model-model ekonometrika ke beberapa contoh kasus

PT: 2 x 3 x 60’

 

 

Metode pencarian dimensi satu:

1.      Goldensection search

2.      Fibonacci search

3.      MetodeNewton

4.      Metode secant [ 1]

15

 

5

Mampu menguraikan konsep metode Gradien dan mampu menerapkannya untuk menentukan nilai ekstrim fungsi nonlinear

·     Ketepatan menguraikan konsep metode Gradien dan mampu menerapkannya untuk menentukan nilai ekstrim fungsi nonlinear

Bentuk/Teknik: tes & non-tes

·   Partisipasi

·   Kuis

·   Penugasan

 

Kriteria Partisipasi

Kehadiran, Keaktifan

Ketepatan

 

Kriteria Kuis

Memberikan beberapa soal

Kriteria Penugasan

BP: Kuliah

TM :  3 x 50’

MP: Ceramah dan Diskusi

BM: 3 x 60’

Membaca materi yang berkaitan dengan metode Gradien dan mampu menerapkannya untuk menentukan nilai ekstrim fungsi nonlinear PT: 3 x 60’

 

 

Metode Gradien:

1.    Analisis metode Newton [ 1]

8

 

6

Mampu menguraikan konsep metode Gradien dan mampu menerapkannya untuk menentukan nilai ekstrim fungsi nonlinear

·     Ketepatan menguraikan konsep metode Gradien dan mampu menerapkannya untuk menentukan nilai ekstrim fungsi nonlinear

Bentuk/Teknik: tes & non-tes

·   Partisipasi

·   Kuis

·   Penugasan

 

Kriteria Partisipasi

Kehadiran, Keaktifan

Ketepatan

 

Kriteria Kuis

Memberikan beberapa soal

Kriteria Penugasan

BP: Kuliah

TM :  3 x 50’

MP: Studi Kasus

BM: 3 x 60’

Membaca materi yang berkaitan dengan software E-views untuk pemodelan regresiserta ujiasumsi dan penanganannya

PT: 3 x 60’

 

 

Metode Gradien:

1.    LevenbergMarquadrt Modification [ 1]

7

 

      7

Mampu menerapkan metode Newton untuk menyelesaikan masalah nonlinear

·     Ketepatan menerapkan metode Newton untuk menyelesaikan masalah nonlinear

Bentuk/Teknik: tes & non-tes

·   Partisipasi

·   Kuis

·   Penugasan

 

Kriteria Partisipasi

Kehadiran, Keaktifan

Ketepatan

 

Kriteria Kuis

Memberikan beberapa soal

Kriteria Penugasan

BP: Kuliah

TM :  3 x 50’

MP: Studi Kasus

BM: 3 x 60’

Membaca materi yang berkaitan dengan software E-views untuk pemodelan regresiserta ujiasumsi dan penanganannya

PT: 3 x 60’

 

 

Metode Newton untuk nonlinear leastsquare

 [ 1]

8

 

8

UTS / Evaluasi Tengah Semester: Melakukan validasi hasil penilaian, evaluasi dan perbaikan proses pembelajaran berikutnya

 

9

Mampu menguraikan metode Conjugate Direction

·      Ketepatan Mampu menguraikan metode Conjugate Direction

Bentuk/Teknik: tes & non-tes

·   Partisipasi

·   Laporan

·   Persentasi

 

Kriteria Partisipasi

Kehadiran, Keaktifan

Ketepatan

 

Kriteria Laporan

 

Kriteria persentasi

 

BP: Kuliah

 TM :  2 x 3 x 50’

MP: Ceramah dan Diskusi

BM: 2 x 3 x 60’

Membaca materi tentang model dinamis distributed Lag dan dinamis Autoregresive

PT: 2 x 3 x 60’

 

 

1.     Algoritma Conjugate direction

2.     Algoritma conjugate gradient [ 1]

8

 

10

Mampu menguraikan dan menerapkan algoritma Conjugate Gradien tuntuk masalah non kuadratis

·     Ketepatan menguraikan dan menerapkan algoritma Conjugate Gradien tuntuk masalah non kuadratis.

Bentuk/Teknik: tes & non-tes

·   Partisipasi

·   Kuis

·   Penugasan

 

Kriteria Partisipasi

Kehadiran, Keaktifan

Ketepatan

 

Kriteria Kuis

 

Memberikan beberapa soal

Kriteria Tugas

BP: Kuliah

 TM :  3 x 50’

MP: Ceramah dan Diskusi

BM: 3 x 60’

Membaca materi tentang regresi logistik dan simultan

PT: 3 x 60’

 

 

1.     Algoritma conjugate gradient untuk masalah non kuadratis [ 1]

7

 

11

Mampu menguraikan dan menerapkan Metode Quasi- Newton

·    Ketepatan menguraikan dan menerapkan Metode Quasi- Newton

Bentuk/Teknik: tes & non-tes

·   Partisipasi

·   Kuis

·   Penugasan

 

Kriteria Partisipasi

Kehadiran, Keaktifan

Ketepatan

 

Kriteria Kuis

 

Memberikan beberapa soal

Kriteria Tugas

BP: Kuliah

 TM :  3 x 50’

MP: Ceramah dan Diskusi

BM: 3 x 60’

Membaca materi tentang regresi untuk data panel

PT: 3 x 60’

 

 

Metode Quasi- Newton:

1.     Pendekatan invers Hessian

2.     The rank one correction formula

[ 1]

7

 

12

Mampu menguraikan dan menerapkan Metode Quasi- Newton

·     Ketepatan menguraikan dan menerapkan Metode Quasi- Newton

Bentuk/Teknik: tes & non-tes

·   Partisipasi

·   Kuis

·   Penugasan

 

Kriteria Partisipasi

Kehadiran, Keaktifan

Ketepatan

 

Kriteria Kuis

 

Memberikan beberapa soal

Kriteria Tugas

BP: Kuliah

 TM :  3 x 50’

MP: Ceramah dan Diskusi

BM: 3 x 60’

Membaca materi tentang Koiintegrasi dan Model ECM

PT: 3 x 60’

 

 

1.      The DFP algorithm

2.      The DFG Salgorithm [ 1]

8

 

13

Mampu meyelesaikan sistem persamaan linear

·     Ketepatan meyelesaikan sistem persamaan linear

Bentuk/Teknik: tes & non-tes

·   Partisipasi

·   Laporan

·   Persentasi

 

Kriteria Partisipasi

Kehadiran, Keaktifan

Ketepatan

 

Kriteria Laporan

 

Kriteria persentasi

 

BP: Problem Base Learning

 TM :  2 x 3 x 50’

MP: Ceramah dan Diskusi

BM: 2 x 3 x 60’

Latihan menerapkan model-model ekonometrika ke beberapa contoh kasus

PT: 2 x 3 x 60’

 

 

1.     Analisisleast square

2.     Algoritma recursiveleast square [ 1]

8

 

14

Mampu mencari penyelesaian sistem persamaan linear dengan meminimalkan norm vektor variabel

·     Ketepatan mencari penyelesaian sistem persamaan linear dengan meminimalkan norm vektor variabel

Bentuk/Teknik: tes & non-tes

·   Partisipasi

·   Kuis

·   Penugasan

 

Kriteria Partisipasi

Kehadiran, Keaktifan

Ketepatan

 

Kriteria Kuis

 

Memberikan beberapa soal

Kriteria Tugas

BP: Kuliah

 TM :  3 x 50’

MP: Ceramah dan Diskusi

BM: 3 x 60’

Membaca materi tentang Koiintegrasi dan Model ECM

PT: 3 x 60’

 

 

1.     Solusi sistem persamaan linear

[ 1]

7

 

15

Mampu menerapkan metode Least Square untuk penyelesaian sistem persamaan linear umum

·     Ketepatan menerapkan metode Least Square untuk penyelesaian sistem persamaan

Bentuk/Teknik: tes & non-tes

·   Partisipasi

·   Kuis

·   Penugasan

 

Kriteria Partisipasi

Kehadiran, Keaktifan

Ketepatan

 

Kriteria Kuis

 

Memberikan beberapa soal

Kriteria Tugas

BP: Kuliah

 TM :  3 x 50’

MP: Ceramah dan Diskusi

BM: 3 x 60’

Membaca materi tentang Koiintegrasi dan Model ECM

PT: 3 x 60’

 

 

1.     Solusi sistem persamaan linear umum [ 1]

5

 

16